Cara Membuat Sparkline Line, Column, Dan Win/Loss Di Excel 2013


Membuat grafik di Workbook Excel 2013 memungkinkan Anda untuk meringkas data secara visual, menggunakan Legend, Label, dan warna untuk menyorot bagian terpenting dari data Anda. Anda juga bisa menggunakan Sparkline untuk membuat grafik yang lebih ringkas dan informatif yang menyajikan konteks terpenting dari data Anda.

Di Excel 2013, Sparkline menempati satu cell, sehingga ideal untuk digunakan pada Worksheet ringkasan. Anda bisa membuat tiga tipe Sparkline: Line, Column, dan Win/Loss. Line dan Column adalah versi sederhana dari grafik Line dan Column. Sparkline Win/Loss mengindikasaikan apakah nilai pada cell positif, negatif, atau nol.

Cara membuat Sparkline Line atau Column:

  1. Pilih cell yang ingin Anda ringkas atau rangkum.
  2. Klik tab Insert.
  3. Pada grup Sparklines, klik Line atau Column.
  4. Klik kotak Location Range.
  5. Klik cell dimana Anda ingin menampilkan Sparkline.
  6. Klik OK.

Cara membuat Sparkline Win/Loss:

  1. Pilih cell yang ingin Anda ringkas atau rangkum.
  2. Klik tab Insert.
  3. Pada grup Sparkline, klik Win/Loss.
  4. Klik kotak Location Range.
  5. Klik cell dimana Anda ingin menampilkan Sparkline.
  6. Klik OK.
Tips & Trik:
  • Sparkline ditampung pada satu cell Worksheet, dan tidak menyediakan ruang untuk label. Oleh karena itu, Anda harus memilih hanya data yang diringkas saja, bukan label kategori.
  • Sparkline Win/Loss membedakan antara nilai positif, negatif, dan nol. Meringkas serangkaian nilai penjualan bulanan menggunakan Sparkline Win/Loss tidak akan menghasilkan informasi yang bermanfaat. Sparkline Win/Loss akan lebih sesuai jika digunakan untuk membandingkan angka penjualan dengan target penjualan setiap bulannya.

Artikel terkait:
Advertisement