Cara Mengatur Margin Cetak Di Excel 2013


Margin merupakan area batas sebuah halaman, yang memberikan batas visual di sekitar data Anda yang dicetak. Mengubah margin Worksheet akan menambah atau mengurangi jumlah data yang bisa ditampung pada halaman cetak, yang memungkinkan Anda untuk membuat ruang setidaknya untuk menampung satu kolom terakhir data, membagi kolom Anda secara merata pada dua halaman, atau menyediakan ruang yang cukup pada satu sisi untuk tempat menjilid halaman.

Di backstage View, margin ditampilkan sebagai garis abu-abu gelap yang bisa Anda drag/tarik ke posisi yang Anda inginkan.

Cara mengatur margin halaman:

  1. Klik tab Page Layout.
  2. Klik Margins, lalu klik pengaturan margin yang Anda gunakan atau klik Custom Margins.
  3. Jika Anda memilih Custom Margins, ketikkan nilai baru untuk margin Worksheet pada kotak Top, Bottom, Left, dan Right.
  4. Klik OK.

Cara mengatur margin halaman melalui Backstage View:

  1. Klik tab File.
  2. Klik Print.
  3. Jika diperlukan, klik tombol Show Margins untuk menampilkan garis margin.
  4. Hover/layangkan pointer mouse diatas salah satu garis abu-abu hingga pointer mouse berubah menjadi tanda-panah-dua-arah, lalu drag/tarik garis tersebut sesuai dengan ukuran margin yang Anda inginkan.
  5. Klik tombol Return To Workbook untuk keluar dari Backstage View.
Tips & Trik:
  • Di Backstage View, terkadang sulit untuk membedakan antara garis margin dengan header atau footer. Pastikan untuk memilih dengan benar.
  • Anda juga bisa mengatur margin untuk beberapa Worksheet sekaligus. Caranya, pilih beberapa Worksheet dengan menekan-tahan tombol keyboard [CTRL] sambil klik setiap tab sheet, lalu klik tab Page Layout, klik Margins, dan klik Custom Margins. Masukkan nilai margin pada kotak Top, Bottom, Left, dan Right. Semua Worksheet yang Anda pilih akan memiliki margin yang sama dengan nilai yang Anda masukkan.

Artikel terkait:
Advertisement