Cara Mengatur Tata Letak Tumpukan Objek Di Excel 2013


Objek yang ada di Worksheet Excel berada pada layer. Layer Worksheet menampung cell Worksheet, layer background menampung semua gambar yang Anda tampilkan di belakang Worksheet, dan layer drawing menampung item seperti Shape dan Clip Art. Ketika Anda menambahkan objek seperti Shape atau gambar ke Worksheet, Excel akan menempatkan objek tersebut pada layer drawing dan di depan semua objek yang ada. Karena itulah mengapa memindahkan objek baru ke tempat yang sama dengan objek lama akan menutup/menumpuki objek yang lama. Anda bisa mengubah susunan objek pada layer drawing untuk mendapatkan hasil yang Anda harapkan.

Cara mengatur tata letak tumpukan objek:

  1. Klik objek yang ingin Anda pindahkan.
  2. Klik tab Format.
  3. Ikuti langkah berikut:
    • Klik tanda-panah-kebawah Bring Forward, lalu pilih apakah akan menempatkan objek di depan tumpukan atau memindahkan satu tempat keatas.
    • Klik tanda-panah-kebawah Send Backward, lalu pilih apakah akan menempatkan objek di belakang tumpukan atau memindahkan satu tempat ke belakang.
Tips & Trik:
Ketika Anda klik tanda-panah Bring Forward, Anda akan melihat opsi Bring To Front, yang akan meletakkan objek yang dipilih ke depan semua objek yang ada. Demikian juga, jika Anda klik tanda-panah Send Backward, Anda akan melihat opsi Send To Back, yang akan menempatkan objek yang dipilih ke tempat yang paling belakang.

Artikel terkait:
Advertisement