Cara Mengaktifkan Windows Defender Dan Melakukan Scan Secara Manual Di Windows 8.1


Windows 8.1 memiliki proteksi built-in untuk melawan virus dan spyware dengan fitur yang bernama Windows Defender. Terintegrasi dengan Internet Explorer, Windows Defender akan memindai file-file yang Anda download dari internet untuk mendeteksi ancaman-ancaman. Ketika diaktifkan, program ini secara otomatis melakukan proteksi real-time melawan berbagai macam ancaman, mencegah terdownloadnya malware. Anda juga bisa menjalankan scan secara manual setiap waktu, jika Anda merasa komputer Anda mengalami gangguan.

Cara mengaktifkan Windows Defender dan melakukan scan secara manual:

  1. Pada Start Screen, ketikkan "Windows Defender" tanpa tanda-kutip.
  2. Klik Windows Defender pada hasil pencarian yang ditampilkan.
    Gambar: cara mengaktifkan windows defender di windows 8.1
  3. Klik tab Settings.
  4. Pastikan check box Turn On Real-Time Protection sudah dipilih. Jika belum, pilih check box tersebut.
  5. Klik Save Changes jika Anda telah melakukan perubahan.
  6. Klik tab Home.
  7. Jika diperlukan, klik Scan Now.
Tips & Trik:
  • Update akan dilakukan secara otomatis ketika proteksi real-time diaktifkan. Update ini dilakukan setidaknya dua-kali dalam sehari, selama komputer Anda hidup dan terkoneksi dengan internet. Untuk menjalankan update secara manual, klik tab Update pada Windows Defender, lalu klik tombol Update.
  • Untuk mengatur scan manual pada Windows Defender, pada langkah nomor 7 diatas, diatas tombol Scan Now, klik opsi Custom. Anda bisa mengatur agar memindai hanya hard disk, DVD atau drive eksternal, atau semua drive. Lalu klik OK untuk menjalankan proses scan.

Artikel terkait:
Advertisement