Cara Membuka Dan Menutup Aplikasi Desktop Di Windows 8.1


Aplikasi Desktop akan dibuka pada Desktop. Aplikasi tipe ini biasanya memiliki banyak fitur dan tool yang bisa diakses dari menu, Toolbar, Ribbon, dan tab-tab yang ada di dalam aplikasi tersebut. Kebanyakan aplikasi Desktop memiliki kemampuan menyimpan, mencetak, dan membuka dokumen.

Anda bisa membuka aplikasi Desktop dengan cara mencarinya; klik pada Tile aplikasi Desktop yang ada pada Start Screen; atau mengaksesnya dari Apps View. Anda bisa membuka beberapa aplikasi Desktop sekaligus, dan Anda bisa mengatur tata letaknya pada layar. Anda bisa menutup aplkasi Desktop dengan cara klik tanda-silang (X) yang ada pada pojok-kanan-atas jendela aplikasi.

Cara membuka dan menutup aplikasi Desktop:

  1. Pada Start Screen, ketikkan "Notepad" tanpa tanda-kutip.
  2. Klik Notepad pada hasil yang ditemukan.
  3. Pada Desktop, klik tombol Start.
  4. Pada Start Screen, ketikkan "WordPad" tanpa tanda-kutip.
  5. Klik WordPad pada hasil yang ditemukan.
  6. Pada Desktop, klik tombol Start.
  7. Pada Start Screen, ketikkan "Paint" tanpa tanda-kutip.
  8. Klik Paint pada hasil yang ditemukan.
  9. Drag/tarik setiap sudut atau sisi-atas setiap jendela aplikasi yang terbuka untuk mengubah ukuran jendela aplikasinya.
  10. Drag/tarik Title Bar setiap jendela aplikasi untuk memindahkan posisi jendela aplikasi.
  11. Klik tanda-silang (X) yang ada di pojok-kanan-atas jendela aplikasi untuk menutup aplikasi tersebut.
Tips & Trik:
  • Klik tanda-minus (-) yang ada di pojok-kanan-atas jendela aplikasi untuk me-Minimize jendela ke Taskbar. Klik icon-nya yang ada di Taskbar untuk mengembalikannya.
  • Klik tanda-panah-kebawah (yang ditampilkan ketika Anda menggerakkan kursor) yang ada pada Start Screen untuk mengakses Apps View. View ini menampilkan semua aplikasi yang tersedia termasuk aplikasi Desktop. Anda bisa menggunakan Scroll Bar yang ada di bawah layar untuk menacari aplikasi yang ingin Anda buka.

Artikel terkait:
Advertisement