Cara Mengaktifkan Perintah Macro Dan Menonaktifkan Trusted Documents Di Access 2013


Sebelum Anda bisa menggunakan pemrograman Macro di dalam database, Anda harus mengaktifkan Macro di instalasi Access.

Setelah Anda mengaktifkan Macro, 20 perintah Macro akan tetap disable dan tidak akan terlihat di Macro Designer. Perintah-perintah tersebut bisa diaktifkan hanya di Trusted Documents atau ketika fitur Trusted Documents dinonaktifkan.

Cara menonaktifkan Trusted Documents:

  1. Aktifkan Macro (lihat artikelnya disini: Mengubah Opsi Default Database), lalu pilih opsi Trusted Documents yang ada di sebelah kiri jendela Trust Center.
  2. Pilih check box Disable Trusted Documents, klik OK untuk menutup setiap jendela yang terbuka, lalu tutup dan buka kembali database Anda.

Perintah-perintah Macro berikut ini hanya beroperasi di Trusted Documents. Perintah seperti ImportExportData, SetValue, dan SetWarnings akan sangat berguna untuk diaktifkan ketika Anda membuat Macro.

Data import/export commands Database objects Filter/query/search commands Macro commands System commands User interface commands
ImportExportData CopyObject RunSQL Echo OpenSharePointList ShowToolbar
ImportExportSpreadsheet DeleteObject OpenVisualBasicModule OpenSharePoint
RecycleBin
ImportExportText RenameObject PrintOut
ImportSharePointList SaveObject RunApplication
RunSavedImportExport SetValue SendKeys
SetWarnings
Tips & Trik:
Cara yang dijelaskan disini hanya untuk membantu Anda untuk bisa memulai dengan cepat, bukan sebagai rekomendasi untuk mengkonfigurasikan software Office Anda.

Artikel terkait:
Advertisement