Cara Memasukkan Section Break Di Word 2013


Didalam dokumen Word 2013, Anda bisa mengubah Margin, orientasi halaman, ukuran halaman, dan jumlah kolom. Untuk memisahkan dua bagian dokumen (Section), Anda harus memasukkan Section Break. Anda bisa menentukan apakah Anda ingin tiap Section baru dimulai dengan halaman yang sama dengan teks sebelumnya atau menggunakan halaman baru. Anda juga bisa mengatur Section baru untuk diletakkan pada halaman ganjil atau genap (Word akan secara otomatis memasukkan halaman kosong di akhir Section sebelumnya).

Membuat Section baru:

  1. Klik di dalam dokumen dimana Anda akan memulai Section baru.
  2. Pada tab Page Layout, di grup Page Setup, klik Breaks, lalu klik salah satu opsi Next Page, Continuous, Even Page, atau Odd Page pada galeri Section Breaks yang ditampilkan.

Mengubah tipe Section Start:

  1. Klik pada Section yang ingin Anda ubah.
  2. Pada tab Page Layout, di grup Page Setup, klik icon tanda-panah-kecil di pojok-kanan-bawah untuk membuka kotak dialog.
  3. Pada kotak dialog Page Setup, klik tab Layout.
  4. Pada daftar drop-down Section Start, klik tipe yang Anda inginkan, lalu klik OK.
Tips & Trik:
  • Untuk melihat Section Breaks di dalam dokumen Anda, pada tab Home, di grup Paragraph, klik tombol Show/Hide ¶. Sebuah Section Breaks ditampilkan berupa garis-putus-putus-ganda dan menampilkan kata Section Breaks dan tipenya.
  • Anda bisa menggunakan kotak pencarian yang ada di Navigation Pane untuk mencari Section Breaks. Pertama klik Show/Hide ¶ untuk menampilkan Section Breaks. Masukkan kode ^b pada kotak pencarian, dan klik tombol tanda-panah-keatas atau kebawah di panel untuk mencari Section Breaks.
  • Jika Anda memasukkan Section Breaks tipe Continuous, lalu Anda mengubah orientasi atau ukuran halaman pada Secton baru, maka Word akan otomatis mengubah tipe Section Start menjadi Next Page.

Artikel terkait:
Advertisement