Cara Menghapus File Dan Folder Di Windows 8


Bagian terpenting dalam mengatur file di komputer Anda adalah tahu kapan Anda sudah tidak membutuhkan file tersebut. Menghapus file yang sudah tidak dibutuhkan akan mengurangi kekacauan dan mempermudah dalam pencarian serta menambah ruang penyimpanan pada hard disk. Jika Anda ragu untuk menghapusnya, Anda bisa melakukan backup terlebih dahulu, sehingga masih bisa dikembalikan meskipun file tersebut sudah dihapus.

File yang dihapus akan tersimpan sementara di Recycle Bin, dan Anda bisa mengambilnya lagi. Jika Recycle Bin penuh, maka file yang sudah lama berada di Recycle Bin akan dihapus permanen, untuk mengosongkan ruang yang akan digunakan untuk menampung file yang baru saja dihapus.

Cara menghapus file:

  1. Di dalam File Explorer, cari file atau folder yang akan dihapus.
  2. Klik item tersebut untuk memilihnya.
  3. Pada tab Home, klik tombol Delete.

Cara mengambil/mengembalikan konten dari Recycle Bin:

  1. Pada desktop, klik dua kali Recycle Bin.
  2. Scrol/gulung atau cari file yang ingin Anda kembalikan, lalu klik untuk memilihnya.
  3. Klik tombol Restore The Selected Items.
  4. Klik tombol Close.
Tips & Trik:
  • Jika Anda klik tombol Cut (bukannya Delete), maka file akan dipindahkan sementara ke Clipboard Windows. Lalu Anda bisa pergi ke folder lain di File Explorer dan memindahkan file ke lokasi tersebut dengan menggunakan tombol Paste. Jika Anda tidak melakukan Paste (setelah melakukan Cut), maka file tersebut akan menghilang dari Clipboard, dan Anda tidak bisa mendapatkannya kembali.
  • Untuk menghapus file secara permanen dari komputer Anda, Anda bisa menggunakan tombol Empty Recycle Bin di Recycle Bin untuk menghapus semua konten di dalamnya. Namun, selalu ingat, meskipun file mungkin sudah hilang dari Recycle Bin dan Anda sudah tidak bisa mencarinya dan mengaksesnya, file-file tersebut mungkin masih berada di dalam hard disk. Jika Anda memberikan komputer Anda atau menjualnya ke orang lain, disarankan untuk menggunakan software semacam WipeDrive atau DataEraser untuk benar-benar menghapus file, sehingga akan melindungi data-data penting yang pernah berada di komputer Anda agar benar-benar tidak bisa diakses atau dikembalikan lagi oleh orang lain.
  • Jika Anda ingin mengembalikan keseluruhan konten di dalam Recycle Bin, buka Recycle Bin, lalu klik tombol Restore All untuk mengembalikan semua konten ke tempat aslinya.

Artikel terkait:
Advertisement