Cara Memasukkan Data Dengan Cepat Menggunakan Flash Fill Di Excel 2013


Rangkaian data Anda mungkin berisi beberapa nilai dalam satu cell, dan mungkin Anda ingin membaginya menjadi beberapa cell. Misalnya: worksheet Anda mungkin berisi tabel nama dimana ada "nama depan", "nama tengah", dan "nama belakang" semuanya muncul di satu cell yang sama. Jika Anda menginginkan untuk memisahkan nama depan, tengah dan akhir menjadi beberapa cell, Anda bisa melakukannya menggunakan Flash Fill, yang merupakan fitur baru di Excel 2013.

Untuk menggunakan Flash Fill, klik sebuah cell di sebelah kanan dari tabel yang berisi data yang ingin Anda ubah, lalu ketikkan nilai yang baru untuk cell tersebut. Contohnya: tabel Anda berisi nama "Heru Prayitno". Jika Anda ingin nama depan diletakkan di satu cell dan nama akhir di cell lainnya, Ketikkan "Heru" di cell pertama dan "Prayitno" di cell kedua. Lalu Anda ulang proses tersebut untuk baris kedua dari tabel tersebut, sampai Flash Fill mengenali pola data dan menawarkan untuk mengisi nilai data yang tersisa.

Cara memisahkan data menggunakan Flash Fill

  1. Klik cell di sebelah kanan baris pertama yang ingin Anda ubah.
  2. Ketikkan nilai yang ingin Anda ekstrak dari baris tersebut, lalu tekan [ENTER].
  3. Pada cell dibawahnya, mulai ketikkan nilai ekstrak untuk baris tersebut.
  4. Tekan [ENTER] untuk menyetujui nilai yang disarankan oleh Flash Fill untuk sisa baris yang ada.
  5. Jika diinginkan, ulangi proses tersebut di cell sebelah kanan dari cell pertama di kolom baru untuk mengekstrak nilai lain dari data aslinya perbaris.

Artikel terkait:
Advertisement